Dejoer Tekno, Info Harga Laptop, Info harga smartphone, Review Spesifikasi laptop, dan smartphone

Amankan Hardisk Eksternal Anda Dengan Bitlocker

| | 19 Komentar
Amankan Hardisk Eksternal Dengan BitlockerAmankan Hardisk Eksternal Anda Dengan Bitlocker atau cara mengamankan hardisk eksternal dengan bitlocker drive encryption windows 7. Sudah menjadi topik utama dan wajib pada blog ini tentang keamanan data, maka pada kesempatan kali ini saya kan membahas satu tips dan trik untuk lebih mengamankan lagi data-data pribadi Anda. Lewat postingan ini pula saya akan sertakan jawaban pertanyaan dari salah satu komentar teman yang meninggalkan komentarnya yang tak berjejak pada artikel saya sebelumnya yaitu Mengamankan Drive Laptop Dengan Bitlocker Drive Encryption Pada Windows 7.

Sebagai jawaban dari pertanyaan itu, saya sudah uji coba hal ini pada hardisk eksternal saya dan ketika hardisk eksternal, saya sambungkan atau colok ke komputer lain, alhamdulillah setingan bitlockernya masih jalan. Ini cuma gambaran awal saja dari apa yang akan saya bahas pada postingan ini. Teman-teman yang sudah mempunyai hardisk eksternal dan ingin mengamankan data-data pribadinya pada hardisk eksternal tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba cara yang satu ini.

Pada dasarnya langkah-langkah untuk mengunci atau mengamankan hardisk eksternal ini sama halnya pada saat kita menerapkan bitlocker pada hardisk internal komputer. Jika teman-teman sudah membaca artikel saya sebelumnya tentang cara Mengamankan Drive Laptop Dengan Bitlocker Drive Encryption Pada Windows 7 akan lebih mudah memahami hal yang akan saya jelaskan sebentar. Dan untuk teman-teman yang belum membacanya, silakan kunjungi halamannya untuk memudahkan Anda pada pembahasan kali ini.

Untuk langkah-langkah mengunci atau mengamankan hardisk eksteral Anda, silakan ikuti cara-cara berikut ini :
  1. Langkah atau cara pertama, silakan colokan atau sambungkan hardisk eksternal pada komputer Anda. Setelah hardisk eksternalnya sudah terbaca dan jika hardisk eksternal Anda sudah terbagi atas beberapa partisi, silakan klik kanan pada salah satu partsisi yang akan dikunci dengan bitlocker kemudian pilih menu Turn On Bitlocker.

    Amankan Hardisk Eksternal Dengan Bitlocker

  2. Setelah Anda memilih Turn On Bitlocker, tunggu proses pendeteksian hardisk eksternalnya sampai muncul pilhan dengan cara apa pembukaan kunci bitlockernya yang akan Anda gunakan. langsung saja aktifkan pilihan yang pertama yaitu Use a Password to Unlock this drive kemudian masukan passwordnya pada kolom pertama dan kedua dilanjutkan dengan memilih perintah next.

    Amankan Hardisk Eksternal Dengan Bitlocker

  3. Pada langkah selanjutnya lagi, silakan pilih save the recovery ke to a file. Silakan pilih tempatnya dimana anda ingin menyimpan kode recoverinya. Sebagai informasi tambahan, kode recovery inilah yang akan Anda gunakan untuk membuka hardisk eksternal Anda jika dikemudian hari Anda lupa password untuk membuka hardisk eksternal Anda yang telah dikunci dengan bitlocker. Makanya simpan baik-baik file tersebut. Jangan sampai terhapus atau Anda sengaja menghapusnya. Hehehe... Setelah filenya sudah tersimpan, lanjutkan lagi dengan memilih perintah next.
  4. Tahap berikutnya cuman konfirmasi saja, apakah Anda sudah siap menerapkan bitlocker drive encryption pada hardisk eksternal anda atau belum. Kalau sudah siap, lanjutkan saja dengan memilih perintah Start Encryption
  5. Proses enkripsi akan membutuhkan beberapa menit tergantung banyaknya data pada hardisk eksternal Anda. Sambil menunggu prosesnya berlangsung, sekalian saja bikin kopi dulu sob ya, hehehe...
  6. Setelah prosesnya selesai, silakan restart komputer Anda untuk menyempurnakan penerapan bitlocker pada hardisk eksternalnya.
Akhirnya selesai juga saya keluarkan unek-unek yang ada dikepala saya. Semoga cara mengamankan hardisk eksternal dengan menggunakan bitlocker pada windows 7 ini bermanfaat untuk sobat dalam mengamankan data-data pribadinya. Jika ada yang tidak dipahami atau ada kendala dalam menerapkan hal ini pada hardisk eksternalnya, silakan tuliskan komentar atau tanggapan Anda.

Silakan baca juga artikel saya yang lain tentang topik keamanan data :
  1. Mengamankan Drive Laptop Dengan Bitlocker Drive Encryption Pada Windows 7
  2. Mengamankan Data Dengan Winrar
  3. Cara Mengembalikan File Yang Terhidden
  4. Cara Mengamankan File Word Dan File Excel
  5. Cara Melindungi Dokumen Word Agar Tidak Bisa Diedit Lagi
Bagikan :
Jika Anda menyukai informasi yang ada di blog ini, silahkan daftarkan email Anda untuk berlangganan informasi terbaru via email dengan begitu Anda akan mendapat kiriman informasi setiap ada postingan terbaru yang terbit dari blog Tips Trik Komputer. Sebelum berlangganan artikel terbaru dengan blog ini, silakan baca dulu Cara Berlangganan Artikel Blog. Terima kasih sudah berlangganan postingan terbaru dari blog ini.
Blog Tips Trik Komputer Via Subcribe

19 Komentar : Amankan Hardisk Eksternal Anda Dengan Bitlocker

Mitos Putra delete 29/05/12 13.12

Apabila tempat penyimpanan sandi seperti yang disarankan tersebut rusak......??? apa solusinya Kanda....

Trus apa manfaat dari pemakaian bitlicker bagi data kita mohon pencerahan lebih lanjut senior.....???

zulham efendi delete 24/10/12 14.56

aku sering kesal sama rekan kerja aku sob,..yang dengan seenaknya membuka data2 laporan yang selama ini aku kerja dan mengcopasnya untuk di buatkan duplikatnya,padahal aku telah bersusah payah untuk merampungkannya,..sepertinya cara ini bisa diterapkan cuman apakah ada untuk windows xp,..mohon bantuanya sob,..

ANAK'DEsa delete 03/11/12 18.55

aku beli laptop teman, trus teman ku juga lupa pass nya. Pass Bitlocker nya minta di masuk kan sebelum booting. gimana tuh??
Tolong donk..
Maklum Masih newbie.

Blog nova13 delete 03/12/12 08.57

bukannya udah ada aplikasi bawaan dari hd ext itu yg bisa kasih password yak?

zulham delete 26/12/12 21.12

yang untuk xp ada tidak sob,...hehehe tugas selesai sudah

Eer_Ipin delete 06/01/13 08.05

mas boleh tanya...tapi maaf jika pertanyaan saya agak banyak!!!!
1. di laptop untuk mengamankan data hardisk, saya biasnya pakai program folder protect, nah bisa gak program tsb dipke d hardisk external
2. kalo hardisk external bisa gak dibuat partisi, klo bisa caranya gimana??apakh file yg sudah ada di hardisk harus dihapus dulu!!
3. kalo instal windows 7 k hardisk extrnal bisa gak, trus klo bisa cranya gimna...apakah nanti kalo sudah diinstal kita bisa buka software ini di semua laptop?
terima kasih...maaf mas jika kebanyakan soalnya masih belajar!

Anonim delete 30/01/13 23.11

mas..saya coba pasang bitlocker, namun setelah terpasang di external hard disc saya coba buka gak bisa, padahalpasswordnya saya yakin gak salah..terbaca not responding.. saya akui memang saat saya install bitlocker 2 hari lalu ..saya gak sabar menunggu proses selesai karena lama. kata mas hanya beberapa menis , ternyata 3 jam saya tunggu belum juga kelar..akhirnya saya pouse.. tapi begitu hardisk ekterna terpasang, eh sudah terblokir. saya kira berhasil saya pasang pengaman di ekternal HD saya, ternyata malah terkunci. tolong dong mas solusinya..

Arif Aulya Rahman delete 07/06/13 16.01

Ada beberapa folder pekerjaan di hdd ext yang ingin saya lock karena menyangkut rahasia perusahaan.
Pertanyaannya,
1. Ketika saya menyolokkan hdd ext saya di PC lain yang tidak terinstall Bitlocker, apakah folder tersebut akan tetap terkunci?
2. Jika kita install Bitlocker di PC lain tsb, apakah folder saya akan bisa dibuka kembali?

Terima kasih untuk jawabannya

bitlocker kan cuma ada di w7 ultimate ,, sedangkan ini hardisk eksternal yang bisa dihubungkan di segala sistem operasi ,, sebagai contoh jika saya pake OS linux sedangkan hardisk saya ini sudah di locker oleh bitlocker w7 ultimate ,, cara bukanya di linux gimana dong atau di OS lain selain w7 ultimate ???

Agung Talaga delete 10/04/14 03.38

Makasih atas pertanyaannya sob. Nanti aku buatkan tulisannya untuk hal itu jika saya sudah temukan lagi cara2nya. Untuk OS windows baik itu windows 7, windows vista dan windows xp sebetulnya ada cara khususnya untuk membuka hardisk external yg udah dilocker dengan bitlocker pada windows 7 ultimate tapi nantilah aku buatkan tulisannya supaya bisa membantu juga kawan2 yg lainnya untuk membacanya. Ok sob... :)

Agung Talaga delete 10/04/14 03.44

Makasih sebelumnya sdh menyempatkan waktunya untuk berkunjung di blog saya yg sederhana ini dan sdh mau meluangkan juga waktunya untuk merespon apa yg bisa saya sampaikan lewat artikel di atas. lain kali kalo mau komentar, sertakan linknya ya spya ditau ki dari mana asal ta. Kan bisa pake link profil facebooknya untuk link sumber namnya. Apa tong Kanda Mito...

baiklah saya akan masuk pada inti jawaban yg Kanda tanyakan... Kenapa pada saat menerapkan bitlocker ini pada hardisk eksternal maupun internal komputer merekomendasikan untuk menyimpan kode recoverinya, seperti yg saya singgung di atas jgn sampai dikemudian hari Kanda lupa passwordnya. Saran saya : silakan simpan kode recoverinya pada lebih dari satu tempat penyimpanan data dan ingat baik2 passwordnya bila perlu simpan di hp-nya, tulis di meja belajar kamarnya atau bisa juga bordir aja di topinya spya gampang diingat

Kemudian beberapa manfaat dari penerapan bitlocker pada HDD eksternal maupun internal komputer, data2 pribadi menjadi lebih aman dari copy paste tanpa sepengetahuan pemiliknya, data2nya tidak akan sembarang dibuka orang lain trus yg ini yg penting juga, ketika fitur autorun pada laptop sendiri aatau laptop teman yg mungkin sdh terinfeksi virus dan pada saat Kanda mencoba untuk menyambungkan HDD eksternalnya pada laptop tsb, secara otomatis fitur inilah yg akan melindungi pembacaan data pda HDD eksternalnya. Dalam artian fitur autorun akan minta izin dulu untuk membaca data2 yg ada pada HDD eksternalnya dengan ditandai munculnya perintah untuk memasukan password bitlocker HDD eksternalnya.... Sekedar informasi juga, para virus maker saat ini sdh memanfaatkan fitur autorun atau autoplay pada sistem operasi windows untuk mennyebarkan dan menjalankan virusnya.. Mudah2an jawaban singkat ini bisa membantu dan jika masih ada yg ditanyakan, lanjutkan lagi diskusi ini

Agung Talaga delete 10/04/14 03.45

Saya kurang tau apakah fitur seperti bitlocker ini ada pada windows xp atau nda ada Bang coz sdh lama bangat saya tinggalkan windows xp. Nantilah aku carikan dulu fitur seperti bitlocker ini pada windows xp untuk diterapkan pada HDD ksternal Bang Zulhan. Makasih atas kunjungan dan komentarnya... :)

Agung Talaga delete 10/04/14 03.46

Password yg dimasukan sebelum booting itu bukan password bitlocker namanya sob tapi password BIOS dan jgn sampe temanmu itu yg sdh atur password BIOS-nya trus dia lupa mi. Cara untuk membuka atau mereset password BIOS, biasanya orang gunakan cara melepaskan batrei BIOS dri Laptop tsb selama beberapa jam dan kemudian dipasang lagi. Kalau pada saat booting masih juga muncul untuk memasukn password, berarti harus pake cara yg lain yaitu dengan menggunakan kode default yg sdh disertakan oleh pembuat mainboard tsb. Moga bisa memberikan bayangan kepada sobat....

Agung Talaga delete 10/04/14 03.47

Waktu pertama kali saya beli HDD Eksternal saya dulu, nggak ada tuh aplikasi bawaan hardisk tsb untuk memberinya password sob. Mungkin keluaran barunya sdh disediakan dengan aplikasi itu. Makasih sdh berkunjung balik..

Agung Talaga delete 10/04/14 03.48

Fitur ini tidak ada pada windows xp tapi untuk mengamankaan HDD eksternal, sekarang sdh ada aplikasi security bawaan dari HDD eksternal tsb pada saat pertama kali kita beli. Makasih atas kunjungan dan pertanyaannya sob.. :)

Agung Talaga delete 10/04/14 03.50

Waduh pertanyaannya banyak amat sob. Saya bingung mulai jelasinnya darimana.. :)

Untuk folder protect hanya untuk memproteksi folder pada hardisk internal dan untuk HDD eksternal jika folder2 yg ada didalamnya diproteksi dengan folder protec, kemungkinan besar bisa2 aja sob tapi akan terkendala nanti pada saat mau melepas HDD eksternalnya dari PC atau laptop. Sedangkan fitur bitlocker drive encryption yg ada pada windows 7 versi ultimatenya ini mampu memproteksi data-data yang ada di hardisk baik hardisk eksternal maupun internal.

Untuk melakukan partisi pada HDD eksternal sobat, sebaiknya backup dulu data2 yg ada pada HDD eksternal tsb. Itupun kalau sdh ada data2 didalamnya tapi kalau belum ada, langsung saja dipartisi lewat windows atau menggunakan software lainnya yg berfungsi untuk membuat partisi pada HDD eksternal maupun internalnya.

Untuk membuat partisi HDD eksternal lewat windows, sobat bisa baca artikel saya yg pernah saya share sebelumnya karena pada dasarnya penjelasan dan langkah2nya hampir sama untuk membuat partisi lewat windows :

http://www.agungtalaga.com/2012/01/cara-membuat-partisi-untuk-sistem.html

Untuk membuat partisi dengan menggunakan software lain, silakan sobat gunakan Easeus Partosion Master Home Edition. Silahkn sobat download softwarenya, gratis kok. Dan untuk cara penggunaannya, saya nda bisa menjelaskannya lewat komentar ini nanti kepanjangan komentar saya. Atau bisa juga sobat nunggu postingan saya berikutnya.

Untuk menginstal windows 7 ke HDD eksternal, bisa2 aja sob tapi kayaknya sobat akan kerepotan nanti setiap mau jalankan PC atau laptopnya musti colok dulu HDD eksternalnya. Kemudian terlalu besar nanti resikonya kalau sobat instal SO windows 7-nya ke HDD eksternal.

Semoga penjelasan saya ini, sobat bisa memahaminya dan Minta maaf jika penjelasan saya kurang jelas. Silahkan tanyakan lagi kalau masih ada yg kurang dipahami.. OK...???

Agung Talaga delete 10/04/14 03.51

Sebelumnya terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya di postingan Amankan Hardisk Eksternal Anda Dengan Bitlocker ini tapi sayang sekali sobat tidak menyertakan dengan nama aslinya atau link info profilnya misalnya dari facebook. Sebetulnya saya nggak terlalu merespon komentar yang menggunakan pilihan Anonim karna anggapan saya yg memilih cara ini, sdh dijelasin panjang lebar ternyata nda ada respon balik dari yg bertanya. Berhubung juga pertanyaannya lumayan serius untuk ditanggapi, ya udah saya munculkan aja sapa tau ada pengunjung berikutnya yg mungkin akan bertanya seperti ini.

Seperti yang saya jelaskan pada poin ke lima pada langkah2 memasang Bitlocker Drive Encryption di atas, waktu proses pemasangan bitlocker pada HHD eksternal ataupun Internal itu tergantung dari banyaknya data yang ada pada drive tsb sob. Semakin banyak datanya maka waktu enkripsinya akan semakin lama juga. Saya saja tiu hari waktu menerapkan bitlocker pada salah satu drive laptop saya yg sdh berisi data 25 GB waktu pemasangannya hampir 24 jam. Saya bukannya mengada-ada ini tapi itulah fakta yg terjadi. Kalau nda percaya, silahkan cari referensi yg lain tentang proses pemasangan fitur ini.

Saya kira pada saat proses enkripsi berlangsung, laptop atau HDD-nya jgn dioofkan atau jgn dilepas karna hal itu akan berakibat fatal untuk HDD sobat. Jika sdh demikian kondisinya saya juga nda bisa banyak membantu.
Semoga penjelasansaya ini sobat bisa memahaminya..

Agung Talaga delete 10/04/14 03.52

Pada daarnya bitlocker ini hanya untuk mengunci drive pada PC atau laptop misalnya drive yg mau diterapkan bitlocker itu adalah drive D jadi ketika drive D tsb sdh dipasangi bitlocker berarti semua data2 yg ada di dalam drive D tsb tidak bisa terbuka kecuali kunci drive D tsb bisa dibuka baru data2 yg ada di dalamnya bisa diakses juga oleh orang lain mungkin. Kemudian bitlocker ini pada daarnya juga hanya ada atau sdh menjadi fitur built in pada windows 7 versi ultimate dan windows 8 tetapi bukan berarti ketika suatu HDD eksternal sdh dipasangi bitlocker tidak bisa dibuka pada windows t starter, home basic dan home premium. Bitlocker HDD nya masih bisa dibuka pada windows 7 versi tsb.

Sehubungan dengan pertanyaan pertama, sebetulnya bitlocker ini ada yg sdh terpasang langsung pada sistem operasi windows yaitu mulai dari windows 7 ultimate sampai pada windows 8 dan veri2nya yg lain dan ada juga aplikasi bitlocker yang tidak terpasang langsung pada sistem operasi windows jadi aplikasinya perlu di download dan diinstal pada PC atau laptop tertentu. Jadi ketika sobat memasang bitlocker pada hdd nya lewat windows 7 ultimate, berarti hdd tsb bisa terbuka bitlockernya pada windows 8 dan windows 7 starter, home basic dan home premium serta win 7 profesionalnya. Saya sdh pernah coba colok HDD eksternal saya pada laptop dengan SO linux dan Windows XP tapi bitlockernya tidak bisa terbuka.

Kemudian untuk pertanyaan kedua, saya kira penjelasannya sdh saya singgung pada penjelasan saya sebelumnya. Yang penting sobat rahasiakan saja kunci bitlocker tsb supaya tak diketahui oleh orang lain karena jgn sampai disalahgunakan.

Semoga apa yg saya jelaskan ini bisa membantu sobat untuk memahami jawaban dari pertanyaannya serta makasih atas kunjungan dan pertanyaannya..

hendri alkarami delete 19/08/14 15.59

Kalo File Recovery bitloceker hilang,,,, gimana Gan..???
apa psswdnya bisa di ganti ??
oya.. kalo di w7 yang 64bit.. bitlockernya kok gak ada sih ??

Tombol Untuk Menulis Komentar pada Blog

Silahkan tinggalkan komentar Anda untuk menanggapi, mengkritik atau memberikan saran untuk Admin blog ini sehubungan dengan informasi di atas. Berkomentarlah dengan baik dan sesuai dengan isi postingan. Jika komentar Anda tidak dimunculkan, mungkin tidak sesuai dengan isi postingan atau mungkin langsung masuk kotak spam blog ini dan jangan menyertakan link aktif pada isi komentarnya. No Spam, SARA apalagi yang porno-porno